-->

September 10, 2020

Diduga Terjadi Penggelembungan Suara, Calon BPD Desa Jelatang Ajukan Upaya Hukum


Tintajambi.id - Senin (24/08/2020) lalu, telah diselenggarakan pemilihan BPD untuk Desa Jelatang Kec. Pamenang Kab. Merangin. Dimana dibagi menjadi empat (IV)Dapil dan satu (I) keterwakilan perempuan.


Untuk Dapil II terdapat dua calon BPD, No urut 1 atas nama Zamhuri dan No Urut 2 Carles Vadlan Adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Panitia Dapil II disampaikan secara langsung oleh Calon BPD no urut 2 yakni Carles Vadlan.


Menurut Carles Vadlan dan Team, sesuai dengan bukti-bukti yang ada, bahwa dugaan kecurangan tersebut ada tiga. Pertama, Atas dasar apa adanya peraturan melipat surat suara dirumah ketua panitia tanpa mengundang calon No urut 2. Kedua, adanya dugaan anak dibawah umur ikut memilih ( ada keluarga dari panitia dan calon no urut 1). Ketiga, dugaan Penggelembungan suara, yang mana jumlah Daftar pemilih sebanyak 506, yang ikut memilih 419, suara calon No urut 1 sebanyak 239, suara No urut 2 sebanyak 212 dan suara rusak sama banyak 8. Maka setelah dihitung terjadi penggelembungan sebanyak 40 suara.


Hal ini lah yang menjadi dasar Carles Vadlan beserta keluarga telah melaporkan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan BPD Desa Jelatang Dapil II ini kepada Camat Pamenang dan kepala desa jelatang.


“Saya meminta pertanggung jawaban dari Panitia BPD terhadap dugaan kecurangan tersebut secepatnya. Jika tidak ditindaklanjuti maka kami akan menempuh jalur hukum, sesuai dengan proses perundang-undangan” Harap Carles Vadlan pada Rabu (26/08/2020).

Penulis : Hs Sadikin.