-->

November 23, 2020

Korupsi Dana Desa Ratusan Juta, Kepala Desa Keroya Ditahan Pihak Kepolisian



   Pelaku tampak tertunduk lesu saat digiring menuju sel tahanan/Foto: Ist


Tintajambi.id- IR (47) Kepala Desa Keroya Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin, harus rela mendekam di sel tahanan Polres Merangin sejak Rabu,(18/11/2020).



Ia ditahan lantaran disangka telah melakukan tindak pidana korupsi terhadap kucuran Dana Desa (DD) Keroya tahun 2019.



Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Merangin AKBP Irwan Ady kepada awak media saat konferensi pers, Senin,(23/11).



"Kita telah melakukan penahanan terhadap IR (47) Kepala Desa Keroya atas dugaan tindak pidana korupsi", ujar Kapolres.



Kapolres juga menyebut tindakan pelaku membuat negara merugi ratusan juta tupiah.



"Nominal kerugian negara sebesar Rp 393.913.451 rupiah tetapi sudah ada sekitar Rp 80 Juta rupiah yang sudah tersangka coba kembalikan", papar Kapolres di Aula Mapolres Merangin.




Sejumlah barang bukti juga ditunjukkan termasuk bukti transfer pengembalian uang temuan ke Bank 9 Jambi tanggal 22 Juni 2020.


Dalam melakukan tindakan memperkaya diri tersebut, sang kades yang kini berstatus non aktif, mengelola Dana Desa Keroya untuk tahun dimaksud tanpa melibatkan perangkat desa lainnya sehingga banyak temuan kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan.



"Dalam pelaksanaan realisasi anggaran, pelaku sengaja melawan hukum dengan cara melakukan pengelolaan keuangan desa tanpa melibatkan perangkat desa yang lain",tambah Kapolres Merangin.




Tersangka sendiri bakal dikenakan pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 Undang Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Hs sadikin/Editor Hadi)