-->

November 29, 2020

Serentak, 65 Anggota BPD Sekecamatan Pamenang Resmi Dilantik


 Prosesi penyerahan SK secara simbolis/foto: Ist


Tintajambi.id-Sebanyak 65 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekecamatan Pamenang Kabupaten Merangin periode 2020-2026 resmi dilantik oleh Camat Pamenang, Hafazoh,  atas nama Bupati Merangin, Sabtu (28/11).



Pasca diambil sumpahnya, wakil rakyat dari 13 desa tersebut langsung menerima pembekalan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Merangin.




Dalam penyampaiannya, pembicara dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengatakan BPD harus mengerti tugas dan fungsinya.



"BPD merupakan pilar pembangunan di desa. Dan tugas BPD itu adalah mengevaluasi dan memonitor kinerja Kades dan jajaran," Kata Armaini S.Pd, SP.



Dirinya juga tak ingin ada anggota BPD yang ditanya tugasnya, malah jawab itu urusan kades.



"Itu namanya BPD melempem", sebut Armaini.



Periode sebelumnya, masih kata Armaini, BPD tak pernah ada yang melaporkan pertanggungjawaban kerja Kepala Desa ke Bupati Merangin. 



"Padahal itu termasuk tugas BPD. Saya harap BPD yang sekarang tidak begitu nanti," singgungnya, sebelum menutup materi.



Pelantikan sendiri sengaja digelar di Hall Desa Pelakar Jaya Kecamatan Pamenang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.



Dipilihnya tempat diluar kebiasaan tersebut menurut Camat Pamenang mempertimbangkan kapasitas dan antisipasi cuaca buruk.



"Bukan apa-apa, kita pakai tempat ini karena dikantor camat aulanya kecil dan kini sedang musim hujan kalau pakai tenda takutnya kurang kondusif," terang Hafazoh.



Selian itu dirinya menilai kalau keputusan tersebut juga sudah disepakati oleh desa masing-masing.



Acara sendiri berlangsung lancar, disaksikan langsung oleh Keluarga BPD dan dihadiri seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Pamenang minus Kades Keroya. (Hs Sadikin/Hadi)