-->

November 23, 2020

Tak Ingin Timbul Polemik, Kades Pinang Merah Minta Penyewa Ruko Milik Desa Bersikap 'Sportif'

 

Arsadi Kepala Desa Pinang Merah saat hadiri sebuah acara /foto:Ist


Tintajambi.Id-Merangin, Kepala Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat, Arsadi, belakangan dibuat pusing akibat ulah para penyewa ruko milik desa di pasar Pinang Merah yang banyak macet angsuran.



Jika dikalkulasi tak kurang ada ratusan juta dana yang belum dibayarkan oleh para penyewa.


Baca juga : Ini Alasan ABG di Jambi Rela Unggah Video Bugilnya ke Situs Dewasa


Akibatnya, selain menghambat perolehan Pendapatan Asli Desa (PADes) juga dikhawatirkan akan menimbulkan rasa kurang percaya masyarakat atas kinerja Pemerintah Desa.



"Saya disini ingin menjelaskan bahwa dana dari sewa ruko yang 40 pintu itu belum kita masukkan ke PADes lebih karena masih ada pedagang yang belum selesai membayar" papar Arsadi di kediamannya, Minggu (22/11).



Dirinya juga meminta agar warga bersabar karena ia dan perangkat desa tengah mencari solusi menyangkut persoalan tersebut.



"Saya harap para penyewa bersikap sportiflah,  manfaat rukokan sudah dinikmati hampir sepuluh tahun, saya tak ingin warga salah paham", pintanya.



Meski demikian dirinya optimis persoalan PADes ini tak akan mengganggu penyusunan anggaran tahun 2021 mendatang.



Sekedar untuk diketahui, selain dari penyewaan ruko, Pemdes Pinang Merah juga menggali potensi pendapatan lewat perentalan 3 bidang tanah ukuran 4x8 meter persegi yang dimulai tahun ini.



Kemudian penghasilan ketiga didapat dari untung kebun sawit yang dikelola oleh perusahaan sawit swasta.



Atas kedua income tersebut kepala desa menerangkan jika uangnya akan ditrasfer  secara langsung ke rekening desa.



Dimana nantinya dana itu bakal dimasukkan kedalam APBDes tahun 2021, yang peruntukannya akan dimusyawarahkan lebih lanjut sesuai dengan Permendagri no 1 tahun 2016. (Hs Sadikin/Editor:Hadi)