-->

January 28, 2021

Beda Dengan Tim Kabupaten, Pilkades Antar Waktu Tanjung Lamin Menerapkan Aturan Tercoblos Ganda Pada Gambar Calon dan di Permukaan Kosong Tidak Sah

 



Kotak Suara TPS 2, Pemilihan Ulang Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin foto: Tintajambi.id



Tintajambi.id--Perhitungan suara Pemungutan suara Ulang Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin beberapa saat lagi akan di mulai, Kamis (28/1).


Panitia mengeluarkan peraturan dimana suara menjadi tidak sah jika ada bekas coblosan diluar gambar calon.


"Surat Suara Tidak Sah Apabila : Ada Bekas Coblosan Diluar Kotak Tanda Gambar Yang Disediakan," bunyi kutipan pada Pertauran tersebut.


Hal ini termaktub dalam Pasal 44 Peraturan Panitia Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Tanjung Lamin Nomor 01 Tahun 2021 tentang Tata Tertib Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin yang ditempel di papan pengumuman tiap TPS.



Soal tersebut menjadi menarik jika pembaca ingat kasus Pilkades Desa Benteng dimana Tim Afilisasi Kabupaten memutuskan bahwa tercoblos mengenai gambar dan bagian kosong surat suara dinyatakan sah saat menangani perkara perselisihan suara di tingkat Kabupaten seperti dimuat dimedia Beritajam.id



Alasannya kala itu ialah karena Tim Afilisasi menganggap secara psikis pemilih sudah menetapkan pilihan sebelum berangkat mencoblos dari rumah.



Sementara secara aturan dalam Perbup 56 tahun 2017 dan Perda Merangin No.5 tahun 2016 yang membahas tentang Pilkades sendiri memang menyebut jika ada coblosan ganda didalam gambar dan diluar permukaan kosong menjadi tidak sah. (Hadi).