-->

January 08, 2021

Jika Pemungutan Suara Ulang, Tim Lukman Kades Terpilih Desa Tanjung Lamin Ancam Lapor Polisi Soal Rusaknya Kotak Suara

 

 


Kondisi kotak suara yang telah rusak,Foto :Ist

 

Tintajambi.id, MERANGIN, Polemik Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin kian memanas.



Pasalnya Tim dari pihak 03 yang diwakili oleh saudara Abu Kamil mengatakan akan membawa kasus pengrusakan kotak suara keranah hukum jika sampai dilakukan pemungutan suara ulang.



Ihkwal niatnya tersebut didasarkan pada kabar yang berhembus bahwa akan dilakukan pemungutan suara ulang karena penyelesaian  sengketa di kecamatan merekomendasikan salah satunya ialah kembali kemusyawarah desa yang bisa saja mengerucut ke pemungutan suara ulang.



"Kalau bagi kami penghitungan suara sudah sah, karena waktu penghitungan disaksikan banyak orang. Dan hasilnya pun sudah ditandatangani oleh kedua saksi dari masing calon"ucapnya saat dihubungi melalui via ponsel pada Jum'at (8/01/2020).



Soal kotak suara ditemukan dalam keadaan sudah tidak tersegel lagi saat dibawa ke Kantor Camat setelah diletakkan di ruangan Kepala Desa Tanjung Lamin menurutnya itu tak cukup kuat dijadikan alasan untuk dilakukannya pemilihan ulang.



"Pengrusakan itu kan dilakukan setelah adanya penghitungan suara, itu pun didalam ruangan kepala desa yang terkunci. Jadi janganlah itu dibuat alasan untuk dilaksanakan pemilihan ulang. Kan tak ada pihak yang dirugikan" terangnya.



"Jika hasilnya nanti mengarah kepemungutan suara ulang, maka kami akan lakukan laporan ke polisi" tegasnya.



Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dan langkah yang akan di ambil oleh pihak BPD serta Panitia Pemilihan.


Dikonfirmasi terpisah, Dariyanto, Camat Pamenang Barat membenarkan sudah menyelesaikan tiga dari empat keberatan yang diajukan calon 02 Sofyan Hadi pada saat difasilitasi di kecamatan, Selasa, (5/1) lalu.



Menurutnya tinggal satu lagi masalah yang belum diselesaikan yakni soal perhitungan suara ulang tapi malah kotaknya ternyata sudah rusak duluan.



"Yang pertama mereka tidak mau karena memang barang bukti sudah rusak, yang kedua masing-masing tak ada yang melapor dan ketiga rekomendasinya dimusydeskan lagi"



Saat ditanya kepastian apakah maksud Musydes itu bakal mengarah ke Pemungutan suara ulang, ia hanya memastikan akan mengawal ketat dan akan dimulai dari awal lagi.



"Hari ini sebetulnya sudah saya panggil tapi mereka telat datang kekantor, saya keburu berangkat ke Bangko. Hari Senin inilah BPD akan kami panggil lagi, apakah akan pemungutan suara ulang atau musyawarah mufakat yang jelas akan kami kawal ketat dan dimulai dari awal lagi" pungkasnya. 



Untuk diketahui, pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin yang diikuti dua calon pada 30 Desember 2020 lalu untuk periode 2021-2022 telah dimenangkan oleh Lukman nomor 03 dengan raihan 196 suara.


Berita terkait:  

Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu Tanjung Lamin Anggap Perolehan Suara Tingkat TPS Sah dan Sudah Harus ditetapkan Siapa Pemenangnya



Bersengketa, Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Berpeluang Diulang, Camat : Sebetulnya Saya Agak Kecewa Pemilihan Kades PAW Lewat Perwakilan KK


Serahkan Berita Acara Pemilihan Kades PAW Kepada BPD Tanjung Lamin, M.Kapi: Perolehan Suara Tidak Ada Perubahan



Suaranya  tersebar di TPS 1 sebanyak 59 suara dan TPS 2 ada 137, sementara rival tunggalnya Sofyan Hadi nomor urut 02 mendapat total 186 suara dari 104 suara di TPS 1 dan 82 di TPS. (HS Sadikin/Hadi).