-->

January 09, 2021

Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu Tanjung Lamin Anggap Perolehan Suara Tingkat TPS Sah dan Sudah Harus ditetapkan Siapa Pemenangnya

 


Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin, M.Kapi ,foto : Fb M.Kapi


Tintajambi.id,Merangin- Rencana akan dilakukannya musyawarah desa kembali oleh pihak BPD Desa Tanjung Lamin Kecamatan Pamenang Barat yang berkemungkinan akan mengerucut ke pemungutan suara ulang atau pengulangan pemilihan mendapat respon dari Ketua Panitia M.Kapi.



Pihaknya berpendapat suara tingkat TPS Sah dan bisa dilakukan penetapan setelah empat pokok keberatan calon nomor urut 02 Sofyan Hadi diselesaikan di tingkat kecamatan.



"Kalo musyawarah desa itu domainnya BPD, tapi kalo menurut hemat kami keempat-empat gugatan-kan sudah ditolak demi hukum artinyo perolehan suara tingkat TPS itu sah dan tidak ado alasan lagi untuk tidak ditetapkan pemenangnya  atau kades terpilih" ujar M.Kapi melalui sambungan telepon, Jumat (8/1).



Ditambah lagi menurutnya kondisi yang membolehkan perhitungan suara ulang dan pemungutan suara ulang juga tidak ditemukan baik dalam aturan teknis di Perda nomor 5 tahun 2016 maupun Perbup Nomor 47 tahun 2017 sebagimana telah diubah ke Perbup No 56 tahun 2017 sebagai rujukan.



"Bisa-bisa kalo hasil pemilihan sistem ini yang awalnya juga dari kesepakatan musyawarah desa mau diganti dengan musyawarah ulang, ya kapan mau selesai"



Ia pun mengungkapkan kalau pihak panitia sebenarnya telah menyelesaikan persoalan administrasi dan tinggal diserahkan hasilnya kepada Pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) namun pihak BPD belum mau menerima.



"Sekarang berkas sudah selesai, tapi pihak BPD belum mau nerima" ujarnya.



M.Kapi juga mengklarifikasi  jika dirinya dituding melakukan pencoblosan berulang-ulang.


Berita terkait :

Jika Pemungutan Suara Ulang, Tim Lukman Kades Terpilih Desa Tanjung Lamin Ancam Lapor Polisi Soal Rusaknya Kotak Suara


Bersengketa, Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Berpeluang Diulang, Camat : Sebetulnya Saya Agak Kecewa Pemilihan Kades PAW Lewat Perwakilan KK


Misteri Rusaknya Kotak Suara Pemilihan PAW Kepala Desa Tanjung Lamin


Serahkan Berita Acara Pemilihan Kades PAW Kepada BPD Tanjung Lamin, M.Kapi: Perolehan Suara Tidak Ada Perubahan


"Jadi yang benar itu, saya salah coblos dan minta surat suara pengganti dengan petugas KPPS. Sementara surat suara rusak dipisahkan. Bahkan sudah dibuat juga berita acaranya" terang mantan pimpinan Panwaslu Kabupaten Merangin tersebut.



Sebelumnya, diketahui pihak Sofyan Hadi yang kalah 10 suara dari Lukman dalam Pilkades Antar Waktu periode 2021-2022 melakukan gugatan ke Panitia dan dibawa ke tingkat kecamatan.



Namun sampai dikecamatan satu dari empat pokok gugatannya yakni minta dilakukan perhitungan ulang ditolak sendiri oleh kedua kandidat karena kotak suara rusak.



Untuk gugatan lainnya dianggap terjawab dan selesai.



Kecamatan kemudian  berencana memanggil ulang BPD Tanjung Lamin pada hari Senin dengan agenda merencanakan Musyawarah Desa kembali usai sengketa di kecamatan sesuai rekomendasi yang mereka putuskan. (Hadi)