-->

January 06, 2021

Misteri Rusaknya Kotak Suara Pemilihan PAW Kepala Desa Tanjung Lamin

 


Tampak engsel kotak suara sebelah mengalami kerusakan/ Foto Ist



Tintajambi.id-MERANGIN, Pasca kemenangan Lukman atas rivalnya Sofyan Hadi pada Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Kecamatan Pamenang Barat pada 30 Desember 2020 lalu, masih menyisakan persoalan.


Pasalnya diduga ada pihak yang sengaja hendak mengacaukan 'hasil' tersebut. Dimana kotak suara ditemukan dalam keadaan rusak saat hendak dibawa ke Kantor Camat Pamenang Barat. 


Meski diketahui masing-masing saksi telah membubuhkan tanda tangan atas hasil perhitungan di hari H.


Ketua BPD Desa Tanjung Lamin, Sidarhana, saat ditemui di rumahnya pada Rabu (06/01/2021) menjelaskan bahwa ia tak mengetahui pasti siapa yang telah merusak kotak suara tersebut.


"Karna adanya tuntutan tadi, saya di instruksikan oleh seseorang untuk membawa kotak suara  ke Kantor Kepala Desa dan diletakkan di dalam ruangan Kepala Desa, yang disaksikan oleh Penjabat Kepala Desa, Ketua Panitia (Pemilihan) dan dua orang anggota BPD" terangnya.


"Kunci Kantor Kepala Desa dipegang oleh pemerintah desa, kunci ruangan Kepala Desa dipegang oleh saya selaku Ketua BPD, dan yang pegang kunci kotak suara adalah Ketua Panitia Pemilihan tersebut" lanjut Sidarhana.


Saat awak media menanyakan siapa yang perintahkan BPD menyimpan kotak suara tersebut, Ketua BPD ini enggan menjawab dan memilih menyembunyikannya.


Hingga berita ini dilansir, masyarakat Desa Tanjung Lamin masih bertanya-tanya, siapa perusak kotak suara tersebut dan apa motifnya.


Untuk diketahui Lukman sendiri sudah berhasil menang dalam pemilihan tersebut, dengan selisih 10 suara.


Berita terkait:  

Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu Tanjung Lamin Anggap Perolehan Suara Tingkat TPS Sah dan Sudah Harus ditetapkan Siapa Pemenangnya


Jika Pemungutan Suara Ulang, Tim Lukman Kades Terpilih Desa Tanjung Lamin Ancam Lapor Polisi Soal Rusaknya Kotak Suara


Bersengketa, Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Berpeluang Diulang, Camat : Sebetulnya Saya Agak Kecewa Pemilihan Kades PAW Lewat Perwakilan KK


Serahkan Berita Acara Pemilihan Kades PAW Kepada BPD Tanjung Lamin, M.Kapi: Perolehan Suara Tidak Ada Perubahan


Warga Desa Tanjung Lamin berharap agar masalah ini diproses hukum. Apalagi jika nanti terjadi hal-hal yang mengarah kepada perubahan hasil. (Hs Sadikin/Hadi)