-->

January 12, 2021

Sengketa Pilkades PAW Desa Tanjung Lamin di Putuskan Pemilihan Ulang Oleh Tim Kabupaten

 


Foto : Illustrasi


Tintajambi.id, Merangin-Pasca difasilitasi di tingkat Kecamatan, persoalan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Tanjung Lamin, Pamenang Barat akhirnya diputus pemilihan ulang setelah sidang di tingkat Kabupaten.



Kepastian ini diambil setelah Tim fasilitasi Kabupaten yang di Ketuai Bupati Merangin mendengar keterangan pihak-pihak terkait,  meneliti bukti-bukti tertulis dan aturan hukum, saat rapat penyelesaian di Aula HM Kamil Setda Merangin atau familiar disebut Pola I, Selasa pagi,(12/1).



Forum penyelesaian tersebut menghadirkan kedua belah pihak baik saksi tingkat TPS masing-masing calon, Calon Kades, Ketua Panitia, BPD dan tak ketinggalan Camat Pamenang Barat.



Secara spesifik alasan dibatalkannya hasil pemilihan lantaran kotak suara telah rusak yang menyebabkan isi dalam kotak diragukan ke absahannya seperti termuat dalam berita acara penyelesaian.



"Surat suara didalam kotak suara sudah bermasalah sudah tidak dapat lagi dipertanggungjawabkan" bunyi kutipan isi berita acara tersebut.



Masih dalam surat tersebut, akibatnya bahwa untuk dilakukan perhitungan suara ulang terhadap surat suara salam kotak suara tidak dimungkinkan lagi, karena surat suara sudah tercampur (antara TPS 1 dan 2, red) dan segel kotak suara sudah rusak.



Selain keputusan pemilihan ulang, disebutkan lebih dulu pada diktum sebelumnya soal pembatalan hasil pemilihan antar waktu yang pemungutannya usai digelar 30 Desember tahun lalu.



"Membatalkan hasil Pemilihan antar waktu Kepala Desa Tanjung Lamin" tulis putusan tersebut.


Berita terkait:  

Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu Tanjung Lamin Anggap Perolehan Suara Tingkat TPS Sah dan Sudah Harus ditetapkan Siapa Pemenangnya


Jika Pemungutan Suara Ulang, Tim Lukman Kades Terpilih Desa Tanjung Lamin Ancam Lapor Polisi Soal Rusaknya Kotak Suara


Bersengketa, Pilkades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Berpeluang Diulang, Camat : Sebetulnya Saya Agak Kecewa Pemilihan Kades PAW Lewat Perwakilan KK


Misteri Rusaknya Kotak Suara Pemilihan PAW Kepala Desa Tanjung Lamin


Serahkan Berita Acara Pemilihan Kades PAW Kepada BPD Tanjung Lamin, M.Kapi: Perolehan Suara Tidak Ada Perubahan



Diberitakan sebelumnya, Supian Hadi calon kades 02 yang kalah 10 suara dari Lukman 03 tidak terima dan menggugat hasil pemilihan dan meminta perhitungan ulang di Kecamatan namun kotak suara keburu rusak, sehingga camat selaku ketua tim pengawas kecamatan  melimpahkan ke Kabupaten melalui surat bernomor 141/12/Pem&Trantibum/2021. (Hadi).