-->

January 16, 2021

STAI SMQ Bangko Siap Jadi Institut di 2021, M.Thoiyibi : InsyaAllah Satu Langkah Lagi

 


Bangunan Kampus I STAI SMQ Bangko,Foto:Tintajambi.id



Tintajambi.id,Merangin-Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) SMQ Bangko ditarget akan beralih status menjadi Institut Agama Islam (IAI) dalam tahun 2021 ini.



Keyakinan tersebut dilontarkan M.Thoiyibi saat dibincangi media ini sesaat setelah pelantikan dirinya sebagai Ketua STAI untuk periode keduanya,Sabtu,(16/1).



Ia berujar jika syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi sebuah institut telah terpenuhi. Mulai dari akreditasi prodi, jumlah prodi, total mahasiswa aktif dan areal tanah yang telah melebihi ambang batas minimal yang dibutuhkan.


Terlebih lagi pihak Kopertais wilayah XIII Jambi melalui sekretarisnya juga telah memberikan lampu hijau.


"Institut itu insyaAllah satu langkah lagi, karena sudah kita ajukan. Syarat-syarat juga lebih dari cukup dan juga sudah diconfirm langsung oleh sekretaris Kopertais waktu sambutan tadi", jelasnya.



"Bulan-bulan kedepan kita InsyaAllah akan di visitasi, kalo sudah di visitasi insyaAllah status jadi Institut",imbuh pria yang kerap berpenampilan necis dan kalem tersebut.



Sebagai lembaga pendidikan tinggi, perkembangan STAI empat tahun kebelakang memang patut diacungi jempol, selain jumlah mahasiswanya yang kian tahun kian banyak, kualitas prodipun makin membaik.


Berita terkait: M.Thoiyibi Resmi Dilantik Jadi Ketua STAI SMQ Bangko 4 Tahun Kedepan


Seperti Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ahwalu Syasiah (AS), Ekonomi Syariah (ES) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang sudah terakreditasi B.



Kemudian Hukum Tata Negara (HTN) dan Managemen Keuangan Syariah (MKN) yang tergolong sebagai prodi baru juga telah terakreditasi.



Jika STAI SMQ Bangko benar menjadi IAI maka tentu hal itu akan menjadi kabar baik untuk dunia pendidikan Merangin. 



Sebab sejak ada Kabupaten Merangin pasca pemekaran Kabupaten Sarko hingga kini belum ada lembaga pendidikan tinggi setaraf institut apalagi universitas di tanah Bumi Tali Undang Tambang Teliti. (Hadi)