-->

February 25, 2021

Gunakan Ijazah Paket B Palsu, Hazim Kades Terpilih Tunggul Bulin Dicokok Aparat



Ilustrasi,


Tintajambi.id--Hazim (43) Kepala Desa terpilih Desa Tunggul Bulin, Kecamatan Tabir Ilir Kabupaten Merangin, harus meringkuk disel tahanan Mapolres Merangin usai diamankan.


Ia ditangkap setelah disangka menggunakan ijazah palsu Paket B setara SMP saat mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Tunggul Bulin tahun lalu.


Ia diamankan tanpa perlawanan, saat berada di kantor PMD Merangin ketika sedang mengurus keperluan desa disana.


Informasi yang dirangkum media ini, polisi mengamankan Hazim setelah pihak kepolisian memeriksa saksi-saksi dan barang bukti dokumen dan dianggap telah memenuhi unsur pidana.


Kepada awak media Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, SIK membenarkan jika anggotanya telah mengamankan seorang kades terpilih.


“Ya, pelaku di amankan setelah Sat Reskrim melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti,” ucap AKBP Irwan Andy, Kamis (25/2/2021).


Kapolres juga menambahkan dari hasil pemeriksaan pelaku mengakui perbuatanya. Tersangka diduga telah melanggar pasal 263 ayat 1 KUHP.


“Pelaku sudah mengakui, dan saat ini pelaku sudah kita amankan di tahanan Mapolres Merangin,” tutupnya.



Sekedar mengingatkan, Hazim merupakan satu dari empat calon Kepala Desa Tunggul Bulin yang bertarung pada Pilkades Serentak 29 Desember Tahun 2020 lalu.


Ia mendapat suara paling tinggi dengan raihan 276 suara dan diikuti berturut-turut oleh Marhan 159 suara, Daman Huri 146 Suara dan terakhir Ahmad Rozali 120.


Akibat kasus yang menderanya, kabarnya Hazim batal ikut pelantikan bersama 9 kades terpilih dari desa lainnya yang rencananya bakal digelar besok pagi 26 Februari 2021.(Hadi).