-->

March 12, 2021

Akhirnya Lukman Dilantik Jadi Kades Tanjung Lamin, Setelah Lewati Dua Kali Pemilihan

 

Lukman,S.Ag Kepala Desa Tanjung Lamin definitif/Tintajambi.id


Tintajambi.id--Perjalanan alot Pemilihan Kades Antar Waktu Desa Tanjung Lamin Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin akhirnya sampai di titik klimaks dengan dilakukannya pengambilan sumpah jabatan kepada Lukman selaku kades terpilih.


Lukman dengan baju khas setelan putih-putih baru bisa merasakan pelantikan setelah 'lolos uji' melewati pemilihan Kepala Desa periode jabatan 2021-2022 yang terpaksa dilakukan dua putaran dalam rentang waktu kurang dari satu bulan.


Pada acara sakral tersebut, tampak Wakil Bupati Merangin, Mashuri, hadir langsung mewakili Bupati Merangin untuk melantik Lukman di atas pentas yang disiapkan oleh panitia di Desa Tanjung Lamin, Kamis (11/3).


Di hadapan hadirin, Mashuri dalam sambutannya berpesan agar Kades yang dilantik menjalankan tugas dengan baik dan selalu mengingat pakta integritas yang telah ditandatangani.


"Tolong pak kades selama menjabat ini bisa benar-benar menjalankan amanah yang telah diberikan",ujar Wakil Bupati Merangin.


Dilain kesempatan Lukman saat diwawancara media ini juga mengisyaratkan akan menjalankan tugas sesuai prosedur dan aturan.


"Yang jelas saya akan taati aturan, dan akan jaga amanah ini sebaik mungkin", sebut Lukman.


Untuk langkah awal kata Lukman lagi, ia akan mengumpulkan perangkat desa guna menselaraskan visi misi perangkat desa satu dengan yang lain.


"Untuk awal yang jelas kita kumpul dululah, tak ada target khusus seperti program 100 hari,"tambahnya.


Acara berlangsung hikmat dengan dihadiri para pejabat kabupaten dan kecamatan serta para tamu undangan lain.


Berita terkait: Sah, Unggul 81 Suara Lukman Menangi Pemilihan Ulang Kades Tanjung Lamin


Sebagai pengingat bahwa pelantikan Kades PAW Tanjung Lamin tak dilakukan serentak dengan 9 (sembilan) kades lain yang dilantik 26 Februari 2021 lantaran hasil pemilihan putaran pertama tanggal 30 Desember 2020 digugat dan dinyatakan pemilihan diulang sebulan kemudian tepatnya tanggal 28 Januari 2021.


Terhadap dua kali pemilihan tersebut secara berturut Lukman selalu unggul atas kompetitor tunggalnya Supian Hadi. 


Saking alotnya, media ini mencatat sejak awal berbagai persoalan muncul pada pemilihan kades PAW tersebut mulai seluruh panitia yang mundur seminggu sebelum pemilihan putaran pertama, silang pendapat soal mekanisme pemilihan dan kotak suara yang rusak usai pemilihan.


Sampai pihak panitia nyaris melaporkan kasus rusaknya kotak tersebut ke pihak berwajib hingga 'drama' panitia kabupaten memutus pemilihan ulang yang konon adalah kali pertama dilakukan di Merangin untuk kategori Kades PAW. (Hadi)