-->

July 06, 2021

Camat Pamenang Segera Akan Lakukan Binwas Menyangkut Empat Kadus Di Desa Jelatang


Camat Pamenang/

Tintajambi.id-MERANGIN, Polemik empat orang Kepala Dusun (Kadus) berinisial ID, TR, SR, dan MY di Desa Jelatang Kecamatan Pamenang, Merangin yang diangkat meski diduga cacat persyaratan belum menemui titik terang. 


Pasalnya empat kadus tersebut menjabat sebagai Kepala Dusun di Desa Jelatang hanya bermodalkan ijazah SD sementara syarat sesuai Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 minimal harus SMU sederajat.


Anehnya, mal administrasi itu ternyata sudah diketahui oleh sang Kepala Desa A. Yani. Hal itu pernah ia akui sendiri saat ditanya salah satu awak media beberapa waktu lalu. Namun kondisi tersebut seolah dibiarkan begitu saja.


Meskipun kabarnya persoalan ini sampai mengakibatkan dua orang kepala dusun lainnya yang memiliki syarat lengkap mengundurkan diri.


Sementara itu, terpisah Camat Pamenang ketika dikonfirmasi melalui via telepon terkait masalah empat kadus ini, menjawab pihaknya akan melakukan Binwas (Bimbingan dan pengawasan) dalam waktu dekat.


"Kalau untuk Jelatang, sekitar tanggal 15 kebawah kami akan mengecek langsung kelapangan untuk melakukan Binwas. Karena wewenang kami hanya sebatas itu saja. Jika terbukti ada pelanggaran, nanti DPMPD dan Inspektorat yang akan menanganinya" Ungkap Habazoh pada Selasa (06/07/2021).


Habazoh juga menambahkan jika, empat kadus itu dilantik sebelum dirinya menjabat sebagai orang momor satu di Kecamatan Pamenang. Ia juga merasa heran, kenapa cacat persyaratan bisa melenggang bebas begitu saja. (Hs Sadikin)