-->

July 06, 2021

Kadus Desa Keroya Tetap Menjabat Meski Diduga Tak Penuhi Syarat Saat Diangkat Jadi Perangkat Desa

Kantor Desa Keroya /Tintajambi/

Tintajambi.id-MERANGIN, Persyaratan penunjukan perangkat desa Keroya Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin diduga menyalahi aturan hukum yang ada.


Pasalnya dilapangan ditemukan bahwa ada dua jabatan kepala dusun berinisial R dan S yang di duga saat diangkat berusia lebih dari 42 tahun. 


Hal itu disebut bertentangan dengan salah satu syarat yang termuat dalam Permendagri nomor 83 tahun  2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.


Dimana disebutkan persyaratan umum menjadi perangkat desa pertama pendidikan paling rendah SMU sederajat, kedua umur 20-42 tahun, ketiga penduduk asli desa setempat dan ke empat harus memenuhi syarat administrasi.


Kepada media ini, S mengaku bahwa umurnya saat menjadi perangkat desa pada masa kepemimpinan Ismail memang diatas 42 tepatnya 52 tahun. 


"Kades datang kerumah meminta saya menjadi kadus. Kades bilang kalau saya tidak mau, akan dikasih dengan oranng lain. Ijazah saya SMU, kalau umur 52 tahun" ungkap S saat ditemui dirumahnya Senin (5/7/2021).


Sementara itu untuk R dari informasi yang berhasil dihimpun berusia 60 tahunan.


Saat itu, mereka berdua ditunjuk langsung tanpa musyawarah oleh Kades Ismail yang kini sedang menjalani proses hukum akibat tindakannya menyalahgunakan Dana Desa. 


Hingga berita ini dilansir yang bersangkutan masih menjabat dan aktif sebagai kepala dusun. (Hs Sadikin)